Popular

Recent Posts:

Thursday, May 11, 2017

Sejarah Komputer


Komputer sudah ada jauh dari pada masa sekarang, walaupun tingkat kemampuan kinerja komputer dulu tidak setingkat dengan komputer generasi sekarang kita tidak bisa menyangkal bahwa komputer generasi pertama lah yang menyebabkan adanya komputer dengan tingkat kemampuan tinggi yang ada sekarang.

Untuk itu mari kita ketahui perkembangan perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

Komputer Generasi ke-1

Tahun 1940-1959 
  • Colossus
Pada tahun 1943, Inggris menyelesaikan sebuah komputer dengan memecahkan kode rahasia yang mereka namakan dengan Colossus. komputer ini berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan tentara Jerman saat perang dunia kedua.
  • ENIAC
Perkembangan komputer generasi pertama lainnya adalah ENIAC yang memiliki kepanjangan Electronic Numerical Integrator and Computer, Komputer ciptaan pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Komputer ENIAC ini memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,
ENIAC membutukahkan daya yang sangat besar, yaitu 160kW.

  • EDVAC

Tahun 1940-an,  John von Neumann (1903-1957)  bergabung dengan tim University of Pennsylvania untuk menciptakan disain komputer yang dapat digunakan untuk 40 tahun mendatang sebagai teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) tahun 1945, Edvac memiliki memori untuk menampung sebuah program ataupun data. Sistem ini agar dapat menggunakan komputer berulang dengan menggunakan pemrograman yang sama.

  • UNIVAC

Von Neumann mengenalkan central processing unit (CPU) pada waktu itu, yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dapat dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal saja. Munculah  UNIVAC pada tahun 1951. Univac memiliki kepanjangannya Universal Automatic Computer  yang dibuat oleh Remington Rand, dan menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur dari Von Neumann itu.

Komputer Generasi ke-2

Tahun 1960



  • LARC
Super komputer mesin pertama yang memanfaatkan teknologi ini. Stretch merupaan komputer generasi kedua menggunakan super komputer yang diciptakan oleh IBM dan LARC (Sprery-Rand). Komputer komputer ini kemudian dikembangkan oleh laboratorium energi atom, dan dapat menangani sejumlah besar data. Dikarenakan harga mesinnya yang sangat mahal maka kepopularitasannya tidak baik.
  • 1401
Pada tahun 1960-an, muncul komputer yang dapat digunakan untuk bisnis maupun universitas. Komputer ini memiliki komponen yang hampir sama dengan sekarang, yaitu printer, memori, penyimpanan pada disket dan program. Komputer ini juga menggunakan transistor sepenuhnya.

Komputer Generasi ke-3

Pada generasi ketiga teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena digunakan hingga generasi sekarang pada perangkat komputer. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode yang diletakkan terpisah dalam satu tempat, sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan dalam satu chip. MST lebih kecil tapi kemampuannya lebih besar dibanding SLT.



Dengan adanya IC kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Dengan kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepar dari komputer generasi pertama. Selain itu komputer generasi ketiga juga memiliki kapasitas memori yang lebih besar, dengan media penyimpanan external disk (disekt magnetik) Pengaksesan data secara acak (random access) dan kapasitan jutaan karakter.


Perkembangan lainnya dari komputer generasi pertama hingga ketiga adalah:
  • Kemampuan melakukan multitasking.
  • Sudah menggunakan visual display.
  • Harganya lebih murah.
  • Dan dapat terkoneksi dengan komputer lainnya.

Komputer Generasi ke-4

Komputer generasi keempat sudah menggunakan IC yang kompleks dan terintegrasi. Ada dua perkembangan sebagai tanda munculnya komputer generasi keempat. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau Bipolar Large Large Scale Integration. LSI digunakan sebagai pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping disebut chip. LSI dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) sebgai penampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Kedua, pengembangan komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal dimana generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

GordonMoore penemu Microprocessor Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, prosesor dengan umum pertama.

Demikian sejarah komputer yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Untuk mengetahui ciri-ciri komputer setiap generasinya dapat membaca artikel ciri-ciri komputer setip generasi.

No comments:

Post a Comment