Popular

Recent Posts:

Monday, May 1, 2017

Komputer Generasi Pertama



Awal Mulanya Komputer

Siapa yang menyangka jika komputer generasi pertama muncul pada saat perang dunia kedua sekitar tahun 1940-1959.


Komputer genrasi pertama ini digunakan negara yang terlibat pada perang dunia ke-2. Negara tersebut yaitu, Amerika, Inggris, dan Rusia, Fungsi dari komputer ini adalah untuk mengungguli segi strategi dan analisa agar menang pada peperangan tersebut.


Dengan adanya komputer akan memudahkan perhitungan analisa dan perhitungan saat perang. Oleh karena itu masing-masing negara tersebut melakukan riset untuk mengembangkan komputer pada masa itu. Untuk melakukan riset agar memiliki komputer dengan fungsi yang lebih maju, masing-masing negara mengeluarkan dana yang sangat besar. Maka muncul lah 4 jenis komputer pada masa itu.

  • COLOSSUS

    Colossus Computer
    Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer yang disebut Z3 digunakan untuk mendesain pesawat terbang. Di tahun yang sama pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kemampuan komputer pada generasi pertama tersebut.

Pada tahun 1943, Inggris menyelesaikan sebuah komputer dengan memecahkan kode rahasia yang mereka namakan dengan Colossus. komputer ini berfungsi untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan tentara Jerman saat perang dunia kedua.
Colossus tidak terlalu berpengaruh pada industri komputer generasi pertama, karena Colossus bukan komputer serba guna atau dikenal dengan general purpose computer, colossus dibuat hanya untuk memecahkan kode rahasia pada saat perang dunia. Mesin ini juga dirahasiakan keberadaannya selama beberapa saat setelah perang dunia ke-2 selesai.
Dinegara lain Amerika, Howard H. Aiken melakukan kerja sama dengan IBM dan berhasil menciptakan kalkulator elektronik untuk militer Amerika. Kalkulator ini memiliki ukuran setengah lapangan sepak bola dan kabelnya mencapai panjang 500 mil. Komputer ini diberi nama The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark 1.
  • ENIAC
Eniac Computer
Perkembangan komputer generasi pertama lainnya adalah ENIAC yang memiliki kepanjangan Electronic Numerical Integrator and Computer, Komputer ciptaan pemerintah Amerika Serikat dengan University of Pennsylvania. Komputer ENIAC ini memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,
ENIAC membutukahkan daya yang sangat besar, yaitu 160kW. Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) pada saat itu dan  bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark 1.
  • EDVAC
Edvac Computer
Tahun 1940-an,  John von Neumann (1903-1957)  bergabung dengan tim University of Pennsylvania untuk menciptakan disain komputer yang dapat digunakan untuk 40 tahun mendatang sebagai teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) tahun 1945, Edvac memiliki memori untuk menampung sebuah program ataupun data. Sistem ini agar dapat menggunakan komputer berulang dengan menggunakan pemrograman yang sama.




  • UNIVAC
Univac Computer


Von Neumann mengenalkan central processing unit (CPU) pada waktu itu, yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dapat dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal saja. Munculah  UNIVAC pada tahun 1951. Univac memiliki kepanjangannya Universal Automatic Computer  yang dibuat oleh Remington Rand, dan menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur dari Von Neumann itu.




Setelah itu muncullah komputer generasi kedua sebagai pengganti komputer generasi pertama di atas. Silahkan baca artikel tentang Komputer Generasi Kedua. Untuk membaca secara lengkap komputer generasi pertama sampai terakhir silahkan baca artikel Sejarah Komputer.

No comments:

Post a Comment