Popular

Recent Posts:

Tuesday, May 2, 2017

Komputer Generasi Kedua


Karena masih banyaknya kekurangan pada komputer generasi pertama. Pada tahun 1948 komputer berkembang dengan adanya transistor. Transistor menjadikan perkembangan bagi alat alat elektronik seperti tv, radio, komputer, dll. Sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Karena tube vakum digantikan oleh transistor.
Pada tahun 1946 transistor digunakan pada komputer. 

Di tahun yang sama juga adanya perkembangan memori inti-magnetik sehingga ukuran komputer mulai seperti komputer generasi keempat, lebih cepat dan hemat energi dari ukuran komputer generasi pertama. Berikut jenis-jenis komputer generasi kedua:

1.     LARC

Larc Komputer
Super komputer mesin pertama yang memanfaatkan teknologi ini. Stretch merupaan komputer generasi kedua menggunakan super komputer yang diciptakan oleh IBM dan LARC (Sprery-Rand). Komputer komputer ini kemudian dikembangkan oleh laboratorium energi atom, dan dapat menangani sejumlah besar data. Dikarenakan harga mesinnya yang sangat mahal maka kepopularitasannya tidak baik.

Hanya ada dua LARC yang pernah digunakan, pertama di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang kedua di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer pada generasi ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly.

Bahasa assembly merupakan singkatan-singkatan yang menggatikan kode biner.

2.      1401
1401 Komputer
Pada tahun 1960-an, muncul komputer yang dapat digunakan untuk bisnis maupun universitas. Komputer ini memiliki komponen yang hampir sama dengan sekarang, yaitu printer, memori, penyimpanan pada disket dan program. Komputer ini juga menggunakan transistor sepenuhnya. Salah satu contoh komputer nya adalah komputer 1401 yang digunakan di bisnis-bisnis besar pada tahun 1965 dan megolah keuangan.

Komputer ini menggunakan bahasa pemrograman yang lebih mudah, sehingga memudahkan kinerja para pebisnis dengan biaya yang seimbang. Dengan konsep ini komputer ini bisa mencetak faktur pembelian, desain produk dan menghitung gaji. Pada saat itu muncul bahasa-bahasa pemrograman, bahasa pemrograman yang umum digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL) dan juga Formula Translator (FORTRAN). Bahasa pemrograman ini dapat menggantikan kode-kode rumit dengan bahasa-bahasa  dan rumus matematika yang lebih mudah dipahami oleh penggunanya.
Dengan adanya hal ini maka pengguna dapat menggunakan dengan mudah dan lebih leluasa menggunakan program. Pada saat itu muncul profesi baru yaitu, programmer, ahli sistem komputer, dan analisis sistem. Pada masa komputer generasi kedua ini mulailah bermunculan Usaha Piranti Lunak.

Komputer generasi kedua kemudian dikembangan, sehingga muncul Komputer Generasi Ketiga. Silahkan baca artikel tentang Komputer Generasi Ketiga. Untuk membaca secara lengkap komputer generasi pertama sampai terakhir silahkan baca artikel Sejarah Komputer.

No comments:

Post a Comment